In Personal Finance
new-year-financial-resolution




Perayaan akhir tahun dan liburan telah usai dan keceriaan tahun baru telah tiba, meskipun Anda akan kembali melakukan hiruk pikuk aktivitas sehari-hari, ambillah kesempatan di awal tahun yang baru ini untuk membuat resolusi keuangan pribadi yang akan membantu Anda lebih dekat untuk mencapai kehidupan yang Anda inginkan di tahun yang baru.

Berikut ini adalah 5 langkah mudah membuat resolusi keuangan

1. Tentukan tujuan Anda

Seperti halnya Anda melakukan perjalanan, yang terpenting adalah menentukan hendak kemana tujuan Anda. Tanpa tujuan maka kita melakukan perjalanan tanpa arah yang jelas, yang pada akhirnya kita tidak akan mencapai apapun.
Untuk membuat resolusi keuangan yang baik, salah satu cara mudah yang banyak digunakan adalah menggunakan konsep SMART sebagai panduannya.

SMART merupakan akronim dari :
Specific. Membuat tujuan sebaiknya spesifik sehingga Anda tahu persis apa dan bagaimana Anda ingin sampai di sana, dalam konteks keuangan, anda tahu bagaimana kondisi keuangan, seperti penghasilan, pengeluaran dan simpanan(savings), asset, hutang pada akhir tahun nanti, atau pada beberapa tahun tergantung timeframe yang anda tetapkan.
Measurable. Jika tujuan Anda terukur maka akan mudah untuk melacak kemajuan dan menilai seberada dekat Anda untuk mencapai tujuan Anda. Harus ada ukuran dalam besaran jumlah rupiah maupun waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.
Achievable. Tujuan dibuat agar membuat orang tertantang untuk mencapainya, dan bukan terbebani oleh target yang terlalu ambisius. Target yang terlalu tinggi atau tidak mungkin dicapai akan membuat kita patah semangat dan berdampak buruk bagi psikologis kita.
Relevant. Banyak orang memikirkan berbagai hal penuh kreatifitas dan gagasan bagus, namun perlu diingat bahwa segalanya haruslah mengarah dan membawa Anda untuk menuju ke tujuan akhir.
Time-bond. Tentukan batas waktu untuk setiap tujuan Anda. Hal ini akan memberikan tekanan sehat pada Anda untuk terus maju hingga tujuan tercapai pada waktunya.

2. Periksa kondisi keuangan Anda secara jujur dan menyeluruh

Memeriksa kondisi keuangan dapat dimulai dengan menilai semua aset dan kewajiban Anda sehingga dapat memberikan alat tolok ukur yang berguna untuk memprioritaskan kebiasaan belanja dan tabungan Anda ke depan. Apakah Anda baru saja mengalami perubahan hidup yang signifikan, seperti menikah/memiliki anak? Apakah Anda, misalnya, berharap akan pensiun di tahun yang akan datang?

Beberapa hal yang menjadi indicator untuk menilai kondisi keuangan Anda:
Pengeluaran. Berapa yang Anda belanjakan tahun lalu? Apakah Anda memiliki biaya yang tidak biasa? Apakah pengeluaran Anda naik tidak terkontrol? Apakah Anda memiliki anggaran (budget) bulanan? (Jika Anda belum memiliki, sebaiknya Anda bisa mulai untuk membuatnya). Berapa banyak uang tunai yang Anda simpan untuk keadaan darurat, dan berapa banyak yang Anda butuhkan? (Biasanya biaya darurat disisihkan sekitar 6 bulan nilai pemasukan Anda).
Aset. Apa aset dan investasi Anda, berapa nilai aktual, dan bagian mana yang merupakan aset lancar? Apa skenario Anda untuk pengembalian investasi jangka panjang? Bagaimana menyeimbangkan portofolio yang Anda miliki karena perubahan dalam hidup Anda (seperti menjelang pensiun) atau perubahan di pasar keuangan?
Hutang dan Kredit. Apakah Anda memiliki hutang masa depan yang akan datang (seperti membayar biaya pendidikan tinggi) dan apakah Anda pernah membuat perencanaan? Apakah Anda memiliki pinjaman lain selain cicilan rumah? Berapakah rata-rata hutang kartu kredit Anda dan apakah Anda melunasinya secara reguler?
Asuransi – Apakah Anda memiliki cakupan yang tepat untuk keluarga dan harta benda Anda? Apakah premi Anda masuk akal untuk cakupan yang Anda miliki, atau dapatkah Anda menegosiasikan kesepakatan yang lebih baik?

3. Mulai explorasi produk keuangan

Bagi yang belum mengenal produk-produk keuangan, Anda dapat mulai membaca atau mencari informasi mengenai hal ini. Apakah itu produk investasi, asuransi, pensiun atau yang lainnya Anda sesuaikan dengan strategi keuangan serta prioritas Anda.
Sesuaikan produk keuangan yang anda ambil dengan risk tolerance atau profil resiko anda masing-masing. Bagi sebagian orang Saham merupakan salah satu instrumen yang cukup menjanjikan dalam jangka panjang. Anda dapat membuka account saham melalui pilihan sekuritas kami di Mirae Asset Sekuritas

4. Buat rencana dan disiplin untuk melaksanakannya.

Setelah Anda menentukan tujuan, tahu akan kondisi Anda saat ini serta punya pemahaman akan produk-produk keuangan, berikutnya Anda perlu membuat rincian rencana-rencana yang pada akhirnya mengarah untuk mendapai tujuan akhir. Hal ini adalah bagian terberat dan paling penting dari resolusi apapun. Apapun tujuan yang Anda miliki, akan memerlukan disiplin keuangan yang signifikan.

5. Monitor dan Tracking

Rencana yang Anda jalankan hanya akan berjalan dengan baik, jika Anda melakukan monitoring dan tinjauan berkala atas kemajuan yang Anda telah capai. Dan hal ini dapat memotivasi Anda untuk terus bergerak maju sampai tujuan akhir Anda menjadi kenyataan. Pantau berkala setiap 1 atau 3 bulanan dan selanjutnya anda dapat melakukan optimasi di sana sini apakah itu mengubah di bagian pelaksanaan, atau rencana (resolusi) keuangan.

So tunggu apa lagi : ) , enjoy your time and start your resolution today!

Leave a Comment

Contact Us

Silakan tinggalkan pesan, dan kami akan menghubungi anda.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

Password Reset
Please enter your e-mail address. You will receive a new password via e-mail.