In Personal Finance, Umum




budgeting-menabung

Ada 2 hal yang sangat penting untuk anda ketahui dalam pengelolaan keuangan pribadi, yaitu Expense (Pengeluaran) dan Debt (Hutang). Bila anda bisa mengelola 2 hal ini dengan bijak, maka anda akan lebih mudah mencapai tujuan financial anda.
Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk mencapainya:

  1. Menabung lebih banyak

Orang mengatakan menabung lebih banyak adalah prioritas utama mereka. Jika ini juga merupakan salah satu resolusi Anda, berikut salah satu trik untuk menghemat lebih banyak uang agar anda bisa menabung lebih banyak:

  • Direct Debit Setelah Gajian.
    Lakukan penghematan secara otomatis. Salah satu alasan mengapa rekening pensiun di tempat kerja sering berhasil adalah karena rekening gaji akan dilakukan direct debit otomatis ke rekening pensiun. Uang itu dimasukkan ke rekening pensiun Anda sebelum Anda melihatnya.
  • Automatic Transfer
    Anda pun dapat menciptakannya sendiri dengan menyiapkan transfer berulang untuk mengeluarkan uang dari rekening giro Anda dan memasukkannya ke rekening tabungan sebelum Anda memiliki kesempatan untuk membelanjakannya

 

  1. Tutup rekening yang tidak penting

Kebanyakan bank dan lembaga keuangan membebankan biaya kepada nasabah untuk segala sesuatu transaksi yang terjadi. Untuk menghindari ‘kebocoran’ pengeluaran biaya yang tidak Anda sadari karena hal tersebut, maka tinjau kembali kebutuhan masing-masing rekening yang Anda miliki.
Tutup rekening yang jarang anda gunakan, dan gunakan hanya sejumlah bank account yang anda perlukan, selain menghemat biaya-biaya bulanan, juga anda lebih mudah dan simpel untuk mengaturnya.

 

  1. Mengurangi Pengeluaran

Prioritas untuk mengurangi pengeluaran seringkali menjadi resolusi paling popular. Berikut ini beberapa tips untuk dapat mengurangi pengeluaran dan mengelola hutang terutama hutang kartu kredit.

  • Anggaran

Pertimbangkan untuk menggunakan metode anggaran untuk pengeluaran sehari-hari. Tentukan berapa banyak yang dapat Anda belanjakan dalam kategori pengeluaran tertentu seperti belanjaan, kesenangan, dan transportasi selama periode waktu tertentu. Banyak orang dibayar setiap 2 minggu atau bulanan, sehingga masuk akal untuk menggunakannya sebagai kerangka waktu. Setiap kategori pengeluaran Anda masukkan dalam map/amplop. Ke dalam amplop itu, Anda menghabiskan uang untuk kategori itu, selama 2 minggu penuh. Misalnya, begitu amplop menyenangkan Anda mengering, maka tidak ada lagi makan di luar sampai infus berikutnya masuk.

  • Uang tunai dan aplikasi pencatat pengeluaran

Studi telah menunjukkan bahwa orang cenderung menghabiskan uang sedikit lebih hati-hati daripada menghabiskan dengan menggunakan kartu kredit atau kartu debit. Banyak orang merasa terbantu untuk melihat jumlah uang yang mereka miliki secara fisik dan menyesuaikan pengeluaran mereka sesuai dengan uang yang dialokasikan.

Tapi jaman sekarang sepertinya kurang ideal jika menyimpan uang tunai dalam jumlah banyak untuk pengeluaran. Dan kebanyakan memang orang menggunakan alternative pembayaran lain selain uang tunai. Salah satu triknya adalah dengan mengunduh aplikasi yang melacak pengeluaran Anda.
Anda dapat mencari aplikasi di Playstore / Appstore dan diinstall di HP anda sehingga anda tahu berapa banyak anda habiskan untuk kategory apa, sehingga lebih mudah untuk mengontrolnya.

  • Kartu Kredit

Jika Anda adalah tipe pengguna kartu kredit di akhir bulan, ketika uang tunai sudah menipis, maka pastikan Anda memperhatikan total sisa uang yang dapat Anda simpan. Jika memang Anda harus mengandalkan kartu kredit, maka trik terbaik adalah untuk melunasinya secara bulanan atau hanya menggunakannya untuk keadaan darurat.

  • Membayar hutang bunga yang lebih tinggi

Berikut adalah beberapa strategi untuk membayar hutang berbunga tinggi:
– Monitor setiap tahapan dalam pembayaran hutang. Anda bisa menggunakan bantuan kalkulator pembayaran, sehingga Anda tahu berapa yang diperlukan tiap bulannya untuk dapat melunasi hutang Anda.

– Menggunakan metode avalanche atau snowball

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan salah satu  metode di atas untuk membayar hutang jika Anda memiliki lebih dari satu pinjaman atau kartu kredit yang Anda bayar.

Avalanche. Membayar hutang dengan bunga yang lebih tinggi terlebih dahulu.

Pendekatan ini adalah pendekatan yang paling efisien karena Anda menyelesaikan pembayaran pinjaman dengan bunga yang tertinggi. Dengan disiplin melunasi setiap bulannya dengan pembayaran minimum, maka Anda akan menyelesaikan hutang tepat waktu.

Dan apabila Anda menambah pembayaran di atas jumlah minimum, maka selain hutang Anda akan lebih cepat lunas, total jumlah bunga yang dibayarkan akan lebih sedikit.

 Snowball. Membayar hutang yang mempunyai total jumlah terendah terlebih dahulu.

Lakukan pembayaran extra dengan dengan jumlah pinjaman terkecil dan melunasinya dapat memberi Anda dorongan psikologis sejak awal. Kemudian setelah lunas, maka dapat dilanjutkan ke hutang lain dengan jumlah terendah berikutnya.

 Demikian beberapa tip mudah untuk mulai merencanakan resolusi keuangan Anda beserta contoh implementasinya. Memulai sesuatu dari sebuah langkah kecil adalah jauh lebih baik daripada tidak pernah memulai sama sekali.

So tunggu apa lagi : ) , enjoy your time and start your resolution today!

Leave a Comment

Contact Us

Silakan tinggalkan pesan, dan kami akan menghubungi anda.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

Password Reset
Please enter your e-mail address. You will receive a new password via e-mail.